Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Desa Aeng Panas Komitmen Bentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak

Senin, 21 September 2020 | 20.53 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-18T02:16:04Z

Pembentukan tim gugus tugas desa layak anak (Dok.KIM-KMAP)

KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas - Sebagai upaya memenuhi hak-hak anak Pemerintah Desa Aeng Panas berkometmen membentuk Tim Gugus Tugas Desa Layak Anak secepatnya.

Kometmen itu disampaikan Kepala Desa Aeng Panas Muhammad Romli,SE pada acara Pendidikan Fasilitasi Pembentukan Tim Gugus Tugas Desa Layak Anak yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumenep, Senin pagi (21/09/2020) di Balai Desa Aeng Panas.

Saat menyampaikan sambutannya ibu Endah dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Sumenep menerangkan bahwa desa Layak Anak adalah sistem pembangunan desa yang mencoba mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

"Kepentingan dan perlindungan terhadap anak menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun desa layak anak. Anak harus dilibatkan dalam perencanaan desa. Hak mereka harus dipenuhi. Tak boleh ada kekerasan pada anak", ujarnya dalam sambutan.

Menurutnya juga sistem dan strategi  pemenuhan hak-hak anak yang direncanakan dan dilakukan desa nantinya harus holistik menyangkut semua hak haknya.

Ia juga menyebut capaian desa yang sudah terbentuk tim Gugus Tugas di Kabupaten Sumenep.

"Di Kabupaten Sumenep sudah terbentuk Tim Gugus Tugas Desa Layak Anak sebanyak 40 Desa. Kini desa Aeng Panas sasaran berikutnya", ujarnya melengkapi sambutan.

Sementara Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindunga Anak dan KB Kabupaten Sumenep Bambang Iswahyudi dalam laporannya mengatakan bahwa pembentukan Tim Gugus Tugas ini dimaksudkan agar nantinya anak di Kabupaten Sumenep tumbuh berkembang secara optimal.

"Tujuannya juga untuk memotifasi desa agar makin menghormati hak anak, hak hidup, hak tumbuh kembang, dan makin meningkatnya kepedulian dari semua pihak dalam upaya membangun desa dengan memperhatikan hak anak", tuturnya mengingatkan.

Camat Pragaan Darus Salam yang turut hadir dalam kegiatan dimaksud mengatakan bahwa anak adalah generasi penerus perjuangan. Karenanya ia harus berkualitas.

"Bangsa bisa maju kalau anak-anaknya tumbuh berkualitas. Karenanya kita perhatikan hak haknya", ucapnya saat diberi sambutan.

Setelah acara seremonial selesai acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan KB, dan unsur lainnya.

Tampak hadir perwakilan Kapolsek dan Danramil. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 20 orang terdiri dari Perangkat Desa, PKK, Kader Posyandu, RT/RW, unsur pemuda, dan perwakilan anak. Semua khusuk mengikuti  kegiatan sampai jam 15.00 sore. (Zbr/Bdr).

×
Berita Terbaru Update