Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Rawat Tradisi, Kantor Kecamatan Pragaan Rayakan Lebaran Ketupat

Kamis, 20 Mei 2021 | 15.00 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-20T08:38:19Z

Camat Pragaan merayakan Hari Raya Ketupat di pendo balai Kecamatan setempat (Dok.KIM-KMAP)
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Merawat tradisi budaya jawa dan madura bahkan budaya nusantara yang sudah berlangsung sejak lama, Kantor Kecamatan Pragaan merayakan lebaran ketupat dengan makan ketupat bareng semua staf kecamatan Pragaan, Kamis (20/05/2021).

Sebagaimana diketahui bersama bahwa tahun ini, 1 Syawal jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Maka lebaran Ketupat dilaksanakan 7 hari setelahnya yaitu pada hari Kamis, tanggal 8 Syawal 1442 H. Lebaran ketupat dilaksanakan setelah 6 hari sebelumnya melaksanakan puasa syawal yang dalam ajaran agama ganjarannya seperti berpuasa selama setahun.

Lebaran ketupat sudah menjadi tradisi budaya masyarakat Jawa yang sudah ada sejak lama, dan kemudian dibawa perantau ke negera rantau seperti di Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

"Konon lebaran ketupat awalnya diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu walisanga penyebar agama Islam di tanah Jawa. Terus menjadi tradisi yang kita peringati setiap tahun. Merawat tradisi wujud mencintai negeri", kata Camat Pragaan Darus Salam disela-sela ramah tamah ketupat dengan seluruh staf.

Ia menambahkan bahwa berlebaran dengan Ketupat memperlambangkan simbol kebersamaan dan lambang kasih sayang.

"Mengandung arti diantara sesama pegawai harus membangun semangat kekompakan, dan rasa kasih sayang agar terjadi peningkatan kinerja dan pelayanan", tambahnya lagi menjelaskan filosofi ketupat.

"Mari jadikan semua momentum, termasuk Lebaran Ketupat ini sebagai alasan untuk membangun tradisi kerja yang lebih baik". pungkasnya penuh wibawa. (Zbr/Bdr).
×
Berita Terbaru Update