Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Rokad Desa Pragaan Laok Dikemas Dengan Istighasah, Larung Sesaji Laut dan Kerapan Sapi

Minggu, 24 Oktober 2021 | 15.02 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T08:02:20Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan Laok - Rokad Desa Tahunan Pemerintah Desa Pragaan Laok Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan antara lain Khatmil Quran dan Istighasah yang telah dilaksanakan pada hari Kamis lalu (malam Jumat Legi), 21 Oktober 2021.

Adapun hari Jumat, tanggal 22 Oktober 2021 berupa Kegiatan Larung Sesaji Pelepasan Bhitek ke pantai selatan desa, yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Desa Pragaan Laok.

"Ritual larung sesaji ini adalah sedekah, hanya medianya laut. Itu simbol menyatunya alam semesta dengan manusia," ujar H. Imam Mahdi Kepala Desa Pragaan Laok.

Sedangkan hari Sabtu, 23 Oktober 2021 diisi dengan kegitan Ajang Kreasi Anak Desa. Pada hari tersebut juga diadakan gelar Karapan Sapi untuk menghidupkan kembali semangat heroisme budaya Madura.

Bukan hanya acara pembukaan, balon kedua juga dilepas sebagai tanda dimulainya kegiatan Karapan Sapi pada hari Sabtu sore.

Beliau katakan bahwa Kerapan Sapi tradisi budaya madura yang secara bahasa punya arti Kirap atau berangkat dan dilepas secara bersama-sama. Ada yang mengatakan babwa 'Kerapan' berasal dari bahasa Arab Kirabah yang artinya persahabatan.

"Karapan sapi bukan sekadar perlombaan, tetapi mengandung nilai-nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti kerja keras, kerja sama, sportivitas, persaingan, dan ketertiban," tambahnya.

Malam Ahad diisi dengan Hiburan Ketoprak Cahaya Famili. (Zbr/Hb).


×
Berita Terbaru Update