Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Gandeng Forpimka, NU Pragaan Galang Donasi Semeru di Pasar Prenduan

Rabu, 08 Desember 2021 | 13.44 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-08T06:44:12Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Organisasi Nahdlatul Ulama Pragaan bersama Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Pragaan menggalang donasi untuk erupsi gunung Semeru hari ini Rabu (08/12/2021) mengambil lokasi di pasar Prenduan atau biasa dikenal masyarakat "Pasar Rebbuan" (pasar hari Rabu).

Organ Nahdlatul Ulama yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Lazisnu (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah) NU Pragaan, PAC (Pimpinan Anak Cabang) Gerakan Pemuda Ansor Pragaan, Satuan Koordinator Rayon Banser Pragaan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pragaan, PAC IPNU-IPPNU (Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Putera dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama) Pragaan, organisasi Pencak Silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati) Pragaan dan unsur lainnya.

Sementara dari unsur pemerintah Kecamatan Pragaan yang terlibat Kapolsek Prenduan, Danramil Pragaan, Camat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pragaan, Puskesmas Pragaan dan unsur lainnya.

Melalui pengeras suara sound sistem yang didatangkan secara khusus imbauan donasi dapat menggerakkan warga yang datang ke pasar Prenduan memberikan donasi uang serta pakaian layak pakai yang diberikan pada petugas yang disebar ke berbagai titik di pasar yang meyoritas dari kalangan Pelajar IPNU IPPNU, Banser, Ansor, PMII dan PSHT.

"Ada yang memberi seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, bahkan ada yang seratus ribu rupiah. Alhamdulillah semua tergerak untuk berdonasi," ujar Ra Fatih korlap gerakan donasi Semeru NU Pragaan.

"Terima kasih tim kecamatan juga kompak, bahkan pak Camat, pak Danramil, Polsek datang dan dampingi secara langsung kegiatan gerakan donasi bersama ini, bahkan menyumbang cukup banyak," tambahnya.

Imbauan yang menggema dari balik sound sistem menggugah kesadaran warga bahwa Korban erupsi gunung Semeru ini masih saudara kita di Lumajang, bukan di negara lain. Puluhan orang meninggal dan luka luka, ribuan orang mengungsi dan trauma. Bayangkan seandainya itu menimpa kita, apa kita akan berpangku tangan begitu saja. Mari bergerak bersama.

"Lumajang itu kebanyakan orang Madura saudara dekat kita. Mereka terpisah dari anak dan saudara, ribuan orang mengungsi. Mari berdonasi, seribu dua ribu rupiah barangkali menjadi tali yang mengajak kita ke surga nanti," ujar pemegang microphone Zubairi salah satu anggota Kesra Kecamatan Pragaan yang juga pengurus NU Sumenep.

Uang koin dan uang kertas yang dihitung usai gerakan donasi jam 12.00 siang menghasilkan uang sebesar Rp. 3.151.000 (tiga juta seratus lima puluh satu ribu rupiah).

Gerakan peduli Semeru ini bukan hanya berupa uang, tapi juga mengharapkan baju bekas layak pakai, mie instan, gula kopi dan sembako kering yang awet, ditunggu di kantor MWC (Majelis Wakil Cabang) NU Pragaan atau bisa dikirim ke kantor Kecamatan Pragaan sebagai sentral bersama gerakan donasi di Pragaan.

"Gerakan donasi ini nantinya akan dikirim ke Kantor NU Sumenep, lalu dikirim ke pemerintah Lumajang atau posko penanggulangan bencana di Lumajang.

Di tempat itu juga dilaksanakan gerai vaksinasi yang didirikan oleh Tim Covid-19 Kecamatan Pragaan menyatu dengan gerakan peduli Semeru. Banyak warga yang bervaksin ke gerai vaksin.

"Ternyata ketika dibuka gerai, banyak warga yang tercecer bervaksin bahkan mengajak keluarga lainnya. Semoga Pragaan aman dan terhindar dari Covid-19," ujar Kapolsek Prenduan AKP. Achmad Supriyadi, SH. MH. kepada KIM Karya Makmur. (Zbr/Hb).

×
Berita Terbaru Update