Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Peserta Senam di Pragaan, Makan Bareng Usai Olahraga Pagi

Jumat, 17 Desember 2021 | 14.03 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T07:03:04Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Peserta senam Jumat pagi di Kantor Kecamatan Pragaan makan bareng usai melakukan olahraga pagi. Para peserta senam terdiri dari para pegawai Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Pragaan, Polsek dan Danramil serta pegawai Puskesmas. 

Camat Pragaan Heru Cahyono mengatakan bahwa makan setelah senam adalah cara yang baik untuk memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas, tujuannya untuk mendapatkan energi kembali.

"Kata ahli kesehatan makan setelah berolahraga baik untuk kesehatan, jika terbiasa melewati makan, berpotensi menyebabkan turunnya kondisi kesehatan dan kemampuan fisik. Akibatnya kegiatan pokok.jadi terbengkalai," ujarnya usai senam Jumat (17/11/2021).

Demikian juga dikomentari oleh Kepala Puskesmas Pragaan H. Abdul Azis, habis olahraga jika tidak makan, tubuh kita tidak memiliki cadangan energi untuk digunakan lagi.

"Artinya tubuh dalam posisi menunggu nutrisi untuk memulihkan kekuatannya, guna beraktifitas lagi," tambahnya.

Bahkan kalau selalu tidak makan habis olahraga, fungsi otak juga bisa menurun, karena kita tidak langsung menggantinya dengan sumber lain.

"Jangan heran kalau ada orang merasa pusing atau bahkan pingsan jika tidak makan beberapa saat setelah olahraga," tambahnya.

Senam juga menimbulkan dehidrasi, akibatnya keseimbangan gula garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

"Senam banyak cairan tubuh yang hilang, harus segera diganti, agar tidak mengganggu keseimbangan elektrolit," tambahnya.

Bahkan sebelum berolahraga banyak minum air. Tujuannya agar tubuh tetap dalam kondisi terhidrasi untuk siap berkeringat memulihkan semangat.

"Intinya jika kita sudah banyak aktivitas dan olahraga,  jangan lupa makan dan minum untuk mengganti energi yang keluar dan untuk mempercepat pemulihan otot. Jangan lupa makanan yang sehat ya dan bergizi." Pungkasnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update