Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Empat Pilar Lakukan Apel Kesiapan Sebelum Fogging di Ponpes Al Amin Tegal Prenduan

Kamis, 27 Januari 2022 | 14.44 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-27T07:44:24Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Prenduan - Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Pragaan menggelar apel kesiapan pelaksanaan pogging atau pengasapan hari ini Kamis (27/01/2022) di Pondok Pesantren Al-Amin Tegal Prenduan. Apel kesiapan dipimpin langsung oleh Kapolsek Prenduan AKP. Achmad Supriyadi, SH. MH., didampingi Danramil Pragaan, Kepala Desa Prenduan Eko Wahyudi, unsur pengurus PP. Al-Amin Tegal serta para petugas pengasapan dari Puskesmas Pragaan yang akan melaksanakan tugas.

Dalam apel kesiapan tersebut, Kapolsek Prenduan mengatakan bahwa upaya Fogging adalah dalam rangka pencegahan penyakit demam berdarah yang sedang menjangkiti warga Prenduan.

"Sisir semua tempat yang diduga menjadi tempat berkembangnya nyamuk, kamar mandi, kamar tidur santri, tempat kumuh lainnya. Setelah di Al-Amin Tegal kita nanti langsung bergeser ke PP. Zainul Ibad," ujarnya dalam pengarahan.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Prenduan yang turun langsung mengawal kegiatan fogging, serta kepada pengasuh dan pesantren yang menyambut dengan antusias, serta para petugas Puskesmas," ungkapnya.

Kapolsek Prenduan bahwa fogging dilakukan di pagi hari adalah waktu yang tepat, karena sebaik-baiknya waktu pengasapan adalah jam pagi hari. Nyamuk Aedes aegypti aktif pada waktu tersebut. Di musim hujan seperti sekarang, sebutnya, nyamuk kerap bersarang dan bermanuver lebih aktif untuk menggigit manusia.

"Jika tidak dilakukan waktu yang tepat, nyamuk bisa saja menjadi kebal terhadap insektisida," tambahnya.

Beliau juga menyarankan agar ruangan yang akan dilakukan fogging seluruh benda yang rentan terkena bau dimasukkan ke tempat tertutup atau kedap.

Selain itu beliau minta agar lemari pakaian ditutup rapat-rapat, peralatan makanan diamankan,

"Lindungi diri sebaik-baiknya dari imbas asap fogging, buka ventilasi rumah selebar-lebarnya," jelasnya.

Selain itu, beliau minta agar para santri di lokasi nantinya membersihkan residu fogging dengan alat pel kering, agar bekas pestisida aman tak berpengaruh. (Zbr/Hb).

×
Berita Terbaru Update