Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Kades Se-Pragaan, Ikuti Anugerah Percepatan Vaksinasi Lewat Zoom Meeting

Kamis, 13 Januari 2022 | 21.30 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-13T21:55:00Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Kepala Desa se kecamatan Pragaan hari ini Kamis (13/01/2022) mengikuti kegiatan Anugerah Percepatan Vaksinasi dari Pemerintah Kabupaten Sumenep lewat zoom meeting dari rumah dinas Kantor Kecamatan Pragaan.

Laporan percepatan vaksinasi disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Agus Mulyono, MCH. Beliau menyampaikan bahwa ada banyak dinamika yang luar biasa berkaitan Covid-19 baik di pusat maupun daerah. Covid-19 itu penyebabnya SARS Cov-2 berupa gangguan pernafasan akut dan berat. Untuk menanggulangi itu, semua aparatur daerah, kecamatan dan desa bergerak dengan komando terstruktur dengan sumberdaya yang ada.

Disampaikan pula bahwa varian Covid-19 banyak, ada yang disebut delta yang banyak menyerang lansia, mendominasi termasuk di Sumenep, 268 orang meninggal.

Varian yang kedua adalah varian Omicron. Varian ini dalam perjalanan selama 2 sampai 4 minggu saja sudah menimpa puluhan negara terakhir sudah masuk Indonesia.

"Varian Omicron muncul tak ada gejala, namun cepat sekali. Meski demikian baik varian Delta maupun Omicron kita tak ingin keduanya terjangkit di Sumenep," ujarnya

Beliau sampaikan bahwa untuk mencegah hal tersebut akan lebih baik langkah antisipasif, pengendalian dari awal dengan vaksinasi daripada mengobati saat virus sudah menyerang.

Upaya pengendalian itu difokuskan pada tiga hal, Pertama mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M, Kedua pengendalian penyakitnya sehingga tak ada yang terjangkit.

"Namun demikian kami menyediakan sarana bed untuk antisipasi. Mudah mudahan tak digunakan," ujarnya.

Ketiga, dengan cara percepatan vaksinasi agar warga memiliki kekebalan kelompok.

Beliau melaporkan bahwa capaian vaksinasi yang dirilis oleh provinsi Jawa Timur untuk dosis 1 di kabupaten Sumenep mencapai 53,4 %, adapun dosis dua mencapai 28,18%. Dengan demikian maka Kabupaten Sumenep PPKM masuk level dua.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH. MH. dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada kekuatan empat pilar dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan vaksinasi. Kecamatan dan desa yang capaiannya lebih dari 70 persen mendapatkan anugerah dari Kabupaten Sumenep. Kecamatan rangking satu adalah Kecamatan Kalianget.

"Semoga dengan pemberian penghargaan dapat memotivasi dan meningkatkan percepatan vaksinasi di desa-desa." Ujarnya.

Beliau juga meminta agar para petugas tetap sabar, tabah dan semangat menghadapi dinamika varian virus baik Delta maupun Omicron.

"Kita tidak boleh capek, lelah dan tak henti berjuang untuk masyarakat kita terutama dalam hal pemberian vaksinasi." Ucapnya. (Zbr/@wi).
 

×
Berita Terbaru Update