Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Pemdes Pakamban Laok Bersihkan Jalan Menuju Bujuk Pangpajung

Jumat, 21 Januari 2022 | 14.55 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-21T07:55:35Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pakamban Laok - Ramai-ramai melaksanakan surat edaran Bupati Sumenep perihal Kegiatan Jumat Bersih, Pemerintah Desa Pakamban Laok membersihkan jalan menuju Bhujuk (pesarean) Pangpajung yang berada di dusun Galis Desa Pakamban Laok Kecamatan Pragaan.

Bhujuk Pangpajung selain diyakini sebagai makam orang shaleh yang keramat juga merupakan pemakaman umum warga yang tinggal di dusun Galis dimana setiap waktu terutama bila hari Kamis sore atau hari Jumat sering dikunjungi warga untuk mengirimkan bacaan Fatihah, yasin dan tahlil bagi arwah yang meninggal dunia.

"Karena pemakaman warga dusun Galis, sering dikunjungi warga, maka harus dibersihkan," ujar Kepala Desa Pakamban Laok Muhlisin.

Di kalangan warga masyarakat mengunjungi pesarean orang shaleh dan orang tua menjadi kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur. Warga meyakini siapa saja yang menziarahi sekali makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya pada setiap Jumat, niscaya Allah akan mengampuninya dan anak yang mengunjugi tercatat sebagai anak yang berbakti kepada keduanya.

"Karena itu maka jalan menuju pesarean harus bersih supaya warga makin rajin dan betah mengunjungi makam leluhurnya," tambahnya.

Menziarahi makam orang tua tentu akan menyenangkan bagi ahli kubur, karena menurut keterangan bahwa orang-orang yang telah meninggal mengetahui orang yang menziarahinya pada hari Jumat, serta satu hari sebelum dan setelahnya.

"Ahli kubur tentu juga senang kalau jalan menuju maqbarahnya dibersihkan sehingga anak cucunya makin rajin berziarah." Pungkasnya. (Zbr/Hb).

×
Berita Terbaru Update