Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Beri Contoh Pada Warganya, Kades Romli Tes Swab Antigen Di Balai Desa

Rabu, 09 Februari 2022 | 20.41 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-09T13:41:18Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas - memberi contoh pada warganya, Kepala Desa Aeng Panas Muhammad Romli, SE. hari ini Rabu (09/02/2022) melakukan testing swab antigen di kantor balai desa Aeng Panas.

Rapid swab test corona (Covid-19) atau tes swab antigen adalah salah satu tes cepat Corona. Tes ini menggunakan sampel lendir dari dalam hidung maupun belakang tenggorokan.

"Tes antigen hanya pemeriksaan skrining (awal) untuk diteksi dini mengingat merebaknya lagi varian baru Corona yaitu varian Omicron," ujar Ramli.

Pihaknya dan seluruh perangkat desa melakukan tes swab karena disadari bahwa dirinya banyak melakukan kontak di publik, sehingga memiliki risiko tertular dari penderita lainnya dalam pergaulan di pemerintahan dan masyarakat.

"Pelaku publik seperti Kades, Perangkat, BPD, polisi, TNI, sopir kendaraan umum, petugas kurir, pejabat publik harus memberikan contoh mau diswab, hanya untuk diteksi awal," tambahnya.

Kalau hasil deteksi antigen misalnya positif menandakan bahwa pasien sedang mengalami infeksi virus.

"Meski begitu ya jangan langsung panik jika hasil tes positif. Orang yang sedang mengalami infeksi virus lain, misalnya influlenza akibat virus corona jenis lain juga bisa terbaca positif," jelasnya seolah petugas kesehatan.

Kegiatan swab antigen ini katanya harus didukung, karena ini bagian program 3T pemerintah, yaitu test deteksi awal (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment).

"Mari dukung, ini salah satu upaya deteksi awal penanganan Covid-19 agar segera terputus," jelasnya.

Dalam pemberantasan Covid-19, pemerintah saat ini terus mengkampanyekan strategi 3T, yakni tracing (penelusuran), testing (pengujian), dan treatment (perawatan) dalam memerangi Covid-19.

"Intinya, pembawa virus varian Omicron harus secepatnya ditemukan. Orang yang terlibat kontak erat dengan orang pertama harus mau dites, diperiksa dengan cara swab. Bila terkonfirmasi positif, lakukan isolasi mandiri saja," sambungnya.

"Ayo, dukung upaya 3T. Kalau kita tak memberi contoh yang baik, terus siapa yang mau diikuti warga." Jelasnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update