Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Cegah Stunting, Dinas Kesehatan dan KB Adakan Pelatihan Pendamping Keluarga

Rabu, 29 Juni 2022 | 16.20 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-29T09:20:57Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Hari ini Rabu (29/06/2022) diadakan Pelatihan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kecamatan Pragaan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, bertempat di pendopo kecamatan Pragaan. 

Acara yang bertajuk "Ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting" ini dihadiri oleh Camat Pragaan, Koordinator KB Kecamatan, petugas dari Puskesmas dan desa serta juga peserta yang datang dari unsur Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa.

Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tugas pokok tim pendamping keluarga adalah mendampingi keluarga yang memiliki kerawanan stunting. 

"Tim Pendamping Keluarga (TPK) merupakan aktor penting untuk menyelesaikan masalah stunting di kecamatan Pragaan khususnya," ujarnya dalam sambutan.

Kegiatan Ini, katanya, bukan hanya program kabupaten tapi merupakan perhatian pemerintah pusat. 

TPK (Tim Pendamping Keluarga) bertugas melakukan penyuluhan, memfasilitasi pelayanan rujukan dan memfasilitasi pemberian bantuan sosial serta melakukan surveilans kepada sasaran keluarga berisiko stunting.

"Tim Pendamping Keluarga (TPK) merupakan ujung tombak percepatan penurunan stunting di Pragaan, karena itu perlu dibimbing dan dilatih," jelasnya.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Nantinya tim juga bersentuhan dengan pemutakhiran data keluarga rentan stunting, ada juga aplikasi elektronik siap nikah siap hamil dan perangkat piranti lainnya.

"Semoga dengan kegiatan ini berefek jelas pada percepatan penurunan stunting di 14 desa kec Pragaan." Jelasnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update