Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Sebanyak 138 KPM di Prenduan, Terima BLT Desa Bulan April Mei dan Juni 2022

Kamis, 02 Juni 2022 | 10.30 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-02T03:34:08Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Prenduan - Sebanyak 138 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa di desa Prenduan Kecamatan Pragaan hari ini Kamis (02/06/2022). Pencairan ditempatkan di balai desa Prenduan.

Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP. mengatakan bahwa kegiatan pencairan BLT Desa itu dilakukan pemerintah guna mempercepat pemulihan ekonomi desa yang pada gilirannya memulihkan ekonomi nasional.

"Kalau ada uang, ada belanja, kalau ada belanja ekonomi desa bergerak, kalau desa bergerak akan mempengaruhi ekonomi tingkat nasional," ujarnya kepada KIM Karya Makmur usai acara pencairan secara simbolik.

Katanya, BLT Desa ini diperuntukkan bagi masyarakat desa yang memenuhi kriteria tertentu antara lain keluarga miskin, keluarga yang ada warga sakit kronis/menahun, tidak memiliki pekerjaan dan seluruhnya belum mendapat bantuan sosial lain. 

"Adapun besaran BLT yang diberikan sebesar Rp. 300.00,- x 3 bulan April, Mei dan Juni. Jumlah semua yang diterima KPM sebesar 900.000," timpal Kepala Desa Prenduan Eko Wahyudi.

BLT Desa, katanya akan disalurkan untuk kebutuhan 12 (dua belas) bulan, sedangkan penyalurannya dilakukan untuk keperluan 3 (tiga) bulanan.

Kepala Desa yang masih sangat muda ini menjelaskan bahwa Pagu Dana Desa untuk kebutuhan BLT Desa minimal 40% dari pagu Dana Desa yang ada.

Sedangkan prosedurnya menurut ketentuan peraturan, BLT Desa bulan keempat sampai dengan bulan keenam diajukan paling cepat pada bulan April 2022 setelah Pemkab merekam realisasi penyaluran BLT Desa bulan pertama sampai dengan bulan ketiga pada aplikasi OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara).

"Semoga BLT Desa kali ini besar manfaatnya terutama untuk menopang kebutuhan mendasar hidup warga miskin di desa. Kalau warga miskin bahagia, maka itu kebahagiaan desa." Jelasnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update