Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Ditemani Camat dan Kades, Bupati Sumenep Kunjungi Sentra Ukir Karduluk

Rabu, 06 Juli 2022 | 11.59 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-06T04:59:02Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Karduluk - Ditemani Camat Pragaan dan Kepala Desa Karduluk, Bupati Sumenep Akhmad Fauzi, SH. MH. hari ini Rabu (06/07/2022) mengunjungi sentra sentra ukir Karduluk bertemu dengan para pengrajin.

Dalam kunjungan tersebut beliau mengungkapkan agar para pengrajin mendirikan koperasi, dimana setiap pengrajin ukiran kayu menjadi anggota koperasi, yang tujuannya untuk menghidupkan kembali usaha koperasi secara berkelompok dan untuk memudahkan mengakses modal usaha bagi anggota kelompok.

"Untuk menggelorakan ukiran Karduluk yang merupakan ciri khas Sumenep, nantinya akan dibangun centra ukir. Semua kantor di Kabupaten Sumenep akan dibranding dengan produk ukiran Karduluk," ujar Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP kepada KIM Karya Makmur menjelaskan hal hal yang dibicarakan Bupati Sumenep kepada dirinya.

Selain bertujuan untuk menaikkan persaingan pasar ukir Karduluk di pasar nasioanal maupun internasional, Bupati Sumenep juga ingin agar para pengrajin Karduluk bersatu dalam membangun ciri khas ukir Karduluk agar memiliki perbedaan yang khas serta memiliki posisi tawar di kancah nasional dan internasional.

Kerajinan Karduluk telah dikenal memiliki ciri khas tangan tangan terampil dengan keindahan memukau dan tingkat kerumitan baik pada bentuk, motif maupun desain. 

"Itu nilai plus yang menjadi daya tarik hasil tangan khas warga desa Karduluk yang dikenal oleh orang luar," jelasnya.

Kayu yang tumbuh di tanah lokal maupun di tanah tropis bumi Indonesia dikenal memiliki kualitas unggul, selain itu ukiran serta pahatan yang dibuat sangat lah bagus.

"Inilah kesempatan bagi warga dan anak muda Karduluk untuk membangun ciri khas dan bersaing di pasar global di era globalisasi ini. Mari terus mengasah keterampilan dan semua bernaung dibawah Koperasi Usaha Bersama nantinya." Jelas Kepala Desa Karduluk Ahmad Faruq kepada KIM Karya Makmur. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update