Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Enam Desa Juarai Lomba Olahan Makanan Berbahan Pisang dan Siwalan

Rabu, 20 Juli 2022 | 11.24 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-20T04:24:22Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Kemarin, Selasa (19/07/2022) sebanyak 6 desa menjuarai lomba makanan olahan berbahan dasar pisang dan siwalan yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kecamatan Pragaan di pendopo kecamatan. 

Kegiatan tersebut diadakan bersamaan dengan kegiatan rutin bulanan Konsolidasi Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa.

Lomba dibagi dalam dua kategori yaitu olahan siwalan dan olahan pisang.  Setelah diseleksi dengan ketat oleh para juri maka sekitar jam 11.00 Wib diumumkan nama nama pemenang Lomba produk olahan makanan, yaitu Juara 1 olahan Dodol Siwalan TP PKK Desa Rombasan. Juara 2 berupa Kriptol Siwalan TP PKK Pragaan Daya. Sementara Juara 3 berupa olahan Permen Jelly Siwalan oleh TP PKK Desa Pragaan Laok.

Adapun para juara untuk kategori makanan olahan pisang, Juara 1 berupa selai pisang sembunyi produk TP PKK desa Kaduara Timur. Juara 2 berupa Nagasari produk TP PKK desa Prenduan, dan Juara 3 berupa nugget kulit pisang oleh TP PKK desa Sendang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan Ibu Gita Sri Wahyuni mengatakan bahwa ada banyak hal yang menjadi pertimbangan pemilihan antara lain keseimbangan porsi, keanekaragaman bahan, kreativitas, cita rasa dan cara penyajian.

Dikatakan juga bahwa lomba ini upaya untuk mendorong kreatifitas olahan pisang dan siwalan yang merupakan kekuatan bahan dasar di Pragaan.

"Biasanya pisang hanya digoreng dengan tepung terigu. Dengan lomba olahan makanan ini, produk olahan pisang dan siwalan bisa lebih inovatif dengan topping topping variatif yang kekinian," ujarnya.

Penyiar RRI (Radio Republik Indonesia) Sumenep ini juga mengatakan bahwa bahan makanan lokal sekalipun, ketika diolah dan dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri.

"Harapan saya tak hanya berhenti disini saja. Olahan yang ada bisa menjadi ide bisnis dan penguatan sisi ekonomi organisasi PKK dan bahkan pribadi." Jelasnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update