Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Dorong Patriotisme Kebangsaan, PKK Pragaan Gelar Lomba Sambutan Kemerdekaan

Senin, 15 Agustus 2022 | 15.45 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-15T08:45:20Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Sambutan adalah salah satu jenis pidato yang memuat suatu rangkaian kalimat yang disampaikan secara tertulis maupun secara lisan dalam menyambut suatu acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan.

Acara sambutan kerapkali dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa di berbagai acara dan kegiatan. Karenanya setiap Pengurus Harian PKK harus mampu dan menguasai cara memberikan sambutan pada setiap ada kegiatan. Karena alasan itulah lomba Sambutan dilaksanakan hari ini Senin (15/08/2022) oleh TP PKK Kecamatan. 

Kreteria penilaian lomba meliputi ekpresi mimik muka saat memberi sambutan, kejelasan artikulasi dan intonasi, isi sambutan dan kerapian serta kesopanan baik dari sisi busana maupun gerak tubuh.

Ketua Tim Penggerak PKK Pragaan Gita Sri Wahyuni mengatakan bahwa Lomba Sambutan digelar untuk memotivasi pengurus PKK dan warga meningatkan kemampuan menyampaikan gagasan verbal dalam kehidupan masyarakat.

"Sambutan yang baik akan memberi suatu pemahaman tentang konsep, informasi pada orang lain. Karena itu ibu-ibu PKK harus bisa memberikan sambutan dengan mantap. Ini dapat dilatih melalui lomba." Ujarnya.

Tema lomba sambutan kali ini bertema kemerdekaan. Kemerdekaan adalah keadaan berdiri sendiri, bebas, lepas, tidak terjajah lagi. Merdeka itu berarti bebas.

"Kemerdekaan itu adalah dimana Bangsa Indonesia menyatakan dirinya merdeka dan harus bebas dari segala macam penindasan dan penguasaan asing, bangsa Indonesia bebas untuk menentukan nasibnya sendiri, berdaulat dan bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Ditanya bagaimana upaya mempertahankan kemerdekaan, beliau katakan, selalu siap untuk membela tanah air. Selain itu selalu menjaga keutuhan bangsa dan negara serta menolak campur tangan atau intervensi asing.

"Cara mempertahankan kemerdekaan juga dengan melestarikan budaya bangsa serta memperkuat sistem pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia." Jelasnya.

Setelah dilaksanakan lomba, juaranya adalah sebagai berikut Juara 1 Fitriyatus Shalihah Desa Sentol Daya, Juara 2 Suhartatik Desa Kaduara Timur, Juara 3 Tamimah Desa Pragaan Laok. Harapan 1 Siti Amina Desa Rombasan, Harapan 2 Maria Ulfa Desa Prenduan dan Harapan 3 Maisaroh desa Pakamban Daya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update