Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Tak Mau Kalah, TP PKK Jaddung Juga Ikuti Lomba Taman Posyandu

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17.30 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-10T10:30:59Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Jaddung - Tak mau kalah dengan yang lain, Tim Penggerak PKK Desa Jaddung juga mengikuti Lomba Taman Posyandu. Serombongan tim dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan hari ini Rabu (10/08/2022) mendatangi Pelaksanaan imunisasi Posyandu untuk memantau langsung kegiatan pelayanan Posyandu di tingkat desa.

Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. 

"Posyandu itu bertumpu pada kekuatan warga terutama para Kader Posyandu dan Pokja IV TP PKK Desa, serta terintegrasi dengan BKB dan PAUD dalam Taman Posyandu," ujar Sri Rohimah Sekretaris TP PKK Kecamatan Pragaan kepada KIM Karya Makmur saat ditemui ketika sedang melakukan penilaian di Jaddung.

Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan bahkan konsultasi untuk pasangan usia subur.

"Kalau semua Balita periksa ke Puskemas, jauh sekali, maka pemerintah membuat Posyandu guna memudahkan warga memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak," ujarnya. 

Beliau katakan, Posyandu itu berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari.

"Posyandu itu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan, tapi penting karena semua elemen bayi, balita, remaja, dan bahkan Lansia diedukasi dan dilayani," ujarnya.

Lanjutnya, terutama saat ini pemerintah sedang menggalakkan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) untuk melengkapi tahapan imunisasi anak yang masih kurang. 

"Imunisasi itu penting banget. Ia merupakan salah satu program pemerintah yang mengharuskan setiap anak usia di bawah 1 tahun untuk melakukan imunisasi agar kebal dari ancaman penyakit," tambahnya

Setidaknya ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan, yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT-HB-HiB.

"Nah, Posyandu ini menjadi salah satu pihak yang berhak menyelenggarakan program imunisasi. Bahkan bukan hanya anak, ibu hamil dapat memeriksakan diri. Semoga lomba ini mendorong penyelenggara Posyandu makin giat dan aktif." Ujarnya kepada KIM Karya Makmur. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update