Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Tim Kecamatan Ungkap Urgensi Peran Musdes RKPDes di Aeng Panas

Senin, 29 Agustus 2022 | 12.35 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-29T05:35:55Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas - Di balai desa Aeng Panas, Tim Fasilitasi dari Kantor Kecamatan Pragaan hari ini Senin (29/08/2022) mengungkap urgensi peran Musdes RKPDes (Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa) dalam tata perencanaan pembangunan desa, daerah dan pusat. 

Camat Pragaan yang diwakili Kasi Pembangunan M. Hidayad mengatakan bahwa Musdes RKPDes ini bukan rapat biasa, ia merupakan agenda tahunan yang harus dilaksanakan, didalamnya berisi perencanaan strategis yang membutuhkan kehadiran langsung Kepala Desa maupun Ketua BPD. 

"Bukan hanya di tingkat desa, kegiatan ini merupakan perencanaan berjenjang sampai ke tingkat daerah dan pusat," ujarnya menjelaskan.

Beliau menyampaikan bahwa untuk Tahun Anggaran 2023 penggunaan Dana Desa diantaranya digunakan untuk mendukung penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, serta optimalisasi peran informasi desa untuk membantu mengevaluasi pengambilan keputusan desa berdasarkan data yang valid. 

"Perlu penganggaran penguatan ketahanan pangan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem bagi warga yang penghasilannya dibawah standard," ujarnya saat memberikan sambutan.

Sekalipun tahun ini ada beberapa regulasi yang berbeda dari tahun sebelumnya, tapi pembinaan kecamatan melalui tim fasilitasi tetap berfungsi untuk mengontrol kerja APBDes desa tahun berjalan agar pemantauan berjenjang tetap stabil.

"Silahkan bermusyawarah untuk menyusun rencana kerja pembangunan desa berdasarkan prioritas usulan dusun," pintanya. 

Beliau katakan bahwa tahapan penyusunan RKPDes terdiri dari Pembentukan Tim Penyusun RKP Desa. Juga berisi pencermatan dan penyelarasan rencana kegiatan dan pembiayaan pembangunan desa. Selain itu juga berisi pencermatan ulang RPJM Desa, penyusunan Rancangan RKP Desa dan DU-RKP Desa.

Sementara itu, Kapolsek Prenduan yang diwakili bapak Agus mengharapkan agar rencana dan pelaksanaan APBDes nanti tidak ada petugas dan penyelenggara yang berhubungan dengan pelanggaran hukum sebab dikelola tidak sesuai peraturan yang berlaku.

"Rencanakan dengan baik, laksanakan dengan baik sesuai rencana. Jangan sampai berurusan dengan hukum." Ucapnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update