Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Kecamatan Pragaan Adakan Mini Lokakarya Percepatan Penurunan Stunting

Kamis, 20 Oktober 2022 | 10.36 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-20T03:36:50Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Hari ini Kamis (20/10/2022) BKKBN dan Kecamatan Pragaan mengadakan acara mini Lokakarya Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Pragaan.

Acara hari ini dihadiri oleh Satgas (Satuan Tugas) Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sumenep, Camat Pragaan, PLT Koramil Pragaan, Kapolsek Prenduan dan peserta dari unsur Puskesmas, bidan desa dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Se Kecamatan Pragaan.

Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP. dalam sambutannya mengharapkan agar semua pihak bekerjasama untuk percepatan penurunan angka stunting di kecamatan Pragaan.

"Langkah langkah penurunan dapat dilakukan dengan pemantapan koordinasi lintas sektor, baik Puskesmas, pengurus PKK Kecamatan dan Desa, Penyuluh KB, Bidan desa, dan unsur lainnya," ujarnya dalam sambutan.

Selain itu juga perlu memantapkan gerak langkah tim pendamping keluarga bagi keluarga yang beresiko mengalami stunting. 

"Sasaran bisa dilakukan kepada calon pengantin pranikah, ibu menyusui. Juga perlu penekanan pada desa yang mengalami lokus stunting, Aeng Panas dan Kaduara Timur. Minimal tidak ada penambahan angka stunting di desa lokus," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, untuk penurunan angka stunting perlu peningkatan promosi kesehatan, penyuluhan kualitas keluarga, pendewasaan usia perkawinan dan pendidikan reproduksi keluarga.

Beliau berharap agar semua proses dan tahapan penanganan stunting melalui mini Lokakarya ini dapat menjadi standar untuk menentukan kebijakan penurunan stunting. 

Camat yang masuk kategori Camat Teladan ini juga mengharapkan perlunya koordinasi dengan ormas keagamaan seperti Nahdlatul Ulama, lembaga NU dan badan otonomnya. 

"Perlu kerjasama dengan semua pihak termasuk ormas keagamaan, kelompok pengajian keagamaan. Saat perkumpulan misalnya bisa diselipkan sosialisasi program penanganan stunting," ujarnya.

Dengan peningkatan kerjasama dengan ormas, juga bisa dilaksanakan pendidikan pendewasaan usia perkawinan. 

"Dengan peran tokoh agama dan masyarakat kita berharap penurunan stunting di kecamatan Pragaan semakin menurun," jelasnya.

Selanjutnya Camat Pragaan membuka acara mini lokakarya secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Puskesmas Pragaan dan narasumber yang lain. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update