Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

PKK Kecamatan Pragaan Gelar Lomba Tebak Pribahasa Madura Berantai

Kamis, 27 Oktober 2022 | 14.53 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-27T07:53:09Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang Ke-753, Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan menggelar Lomba Tebak Pribahasa Madura berantai. Kegiatan itu dilaksanakan pada gelaran Rapat Konsolidasi TP PKK Kecamatan dan Desa se Kecamatan Pragaan hari Kamis (27/10/2022) di pendopo kecamatan Pragaan. 

Lomba digelar antar desa. Setiap desa berbaris, orang pertama diberi kertas tertutup berisi pribahasa Madura,  oleh orang pertama kata tersebut dirantaikan informasinya kepada orang kedua menggunakan bahasa isyarat gerak, dan orang yang terakhir harus menebak apa pribahasa yang dimaksud. Ada yang menebak dengan benar, sebagian juga salah memberikan jawaban. 

"Pajelenah meltas manjalin," ucap suara terakhir salah satu peserta disambut ger tepuk tangan peserta lainnya, dan disambut bunyi dentuman musik nyellok Aeng dari sound sistem. 

Pribahasa _'pajelanah meltas manjalin'_ menggambarkan cara jalan seorang wanita yang sangat indah dan aduhai serta penuh sopan santun.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan Gita Sri Wahyuni mengatakan bahwa lomba tebak parebasan madurah (pribahasa Madura) untuk mengenalkan hazanah bahasa madura yang sarat makna dan nilai dalam mengerakkan budaya bangsa. Parebasan madura adalah kumpulan nasehat dari orang terdahulu yang berupa anjuran dan larangan.

"Dengan memahami pribahasa madura,  kita perkuat budaya madura yang penuh sopan santun untuk merekatkan kesatuan bangsa," jelasnya. 

Setelah dilaksanakan lomba, maka dicapai para juara yaitu, Juara 1 jatuh pada TP PKK Desa Jaddung, Juara II TP PKK Desa Pakamban Daya, dan Juara III TP PKK Desa Larangan Pereng. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update