Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Seru, PKK Pragaan Praktek Bersama Cara Buat Nuget dan Puding dari Daun Kelor

Kamis, 24 November 2022 | 14.52 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-24T07:52:59Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Keseruan nampak dari kegiatan PKK Kecamatan Pragaan kali ini dengan pembuatan Nuget dan Puding dari bahan lokal daun kelor. Daun kelor dikenal memiliki kandungan protein (19-29 persen), serat (16-24 persen), lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, besi, sulfur, asam oksalat, vitamin A, vitamin B (Kolin), vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3, vitamin C dan vitamin E. 

"Seluruh bagian tanaman kelor terutama daun, bunga, polong, dan buah memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia," ujar Gita Sri Wahyuni Ketua TP PKK Kecamatan Pragaan kepada Ibu Ibu PKK hari Kamis (24/11/2022).

Anggota PKK yang hadir nampak antusias untuk melakukan praktek bareng membuat nugget warna warni dari daun kelor. Ini dimaksudkan untuk memudahkan ibu ibu belajar membuat makanan pendamping untuk Balita yang bahannya dari olahan lokal. Penyajinya ibu Nurul dari Poltekes Surabaya.

Bahan membuat nugget antara lain nasi putih, ikan kembung, wortel, tahu, daun kelor, telur ayam, minyak, tepung terigu. Caranya dihaluskan, lalu dipanaskan dalam bentuk kukusan, stelah dingin dipotong. Nugget bisa digoreng atau disimpan. 

Selain itu juga PKK Pragaan belajar bareng membuat puding dari bahan dasar daun kelor. Bahannya antara lain susu dan kelor, bahan daun kelor, susu cair, ekstrak vanila, gula pasir, agar agar power. Cara membuatnya semua bahan diblender, disaring, lalu dimasak dengan api sedang hingga mendidih, lalu diangkat dan ditaruh di wadah, disimpan dalam kulkas hingga dingin. Puding susu kelor siap dinikmati. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update