Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Komitmen Menjadi Desa Digital, Pragaan Study ke Desa Pandan Landung Malang

Sabtu, 10 Desember 2022 | 13.05 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-10T06:05:14Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Setelah semalam istirahat, akhirnya pagi harinya Sabtu (10/12/2022) sekitar jam 09.00 Wib. rombongan Kepala Desa Se Kecamatan Pragaan bergerak ke desa Pandan Landung Kecamatan Waqir Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur.

Kepala Desa Pandan Landung Bapak Wiroso Hadi menyambut hangat rombongan serta mengucapkan Selamat Datang di Desa Pandan Landung. Beliau menjelaskan bahwa desa Pandan Landung secara letak geografis berada dan berbatasan dengan Kotamadya Malang dengan luas wilayah sekitar 404.676 Ha. Jumlah penduduk sebanyak 9.730 jiwa dengan jumlah KK kurang lebih 3.283 KK. Desa Pandan Landung mempunyai 7 RW dan 38 RT. 

Desa ini termasuk 10 Desa terbaik di Kabupaten Malang Tahun 2022 salah satunya karena konsen desa ini pada pemudahan layanan kepada warga masyarakat dengan aplikasi PAOD (Pelayanan Administrasi Online Desa).

"Pelayanan administrasi kepada warga masyarakat sudah menggunakan layanan online. Apa yang menjadi icon kekuatan desa layanan online disini dapat dikembangkan di Pragaan," ujar Wiroso Hadi Kepala Desa Pandan Landung kepada rombongan yang datang.

Beliau menjelaskan bahwa layanan online kepada warga sangat dibantu oleh seorang Sekretaris Desa yang dulu pernah mengabdi sebagai mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desanya, selain memang orangnya sendiri masih termasuk warga desa Pandan Landung.

"Melalui satu aplikasi PAOD, akhirnya Pak Sekdes mencetuskan layanan manual menjadi layanan online yang kini mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.

Aplikasi PAOD (Pelayanan Administrasi PKK Online Desa) kini sudah dipakai juga di desa desa di Magetan, juga telah merambah ke desa di wilayah Pamekasan Madura.

Menurut Kades yang mengaku leluhurnya adalah orang madura ini, bahwa tugas Kepala Desa itu berat terutama dalam penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran, karena semua kebijakan Kepala Desa harus ada regulasi dan cantolan hukumnya. Keberadaan aplikasi layanan online sangat membantu tugas Kepala Desa.

"Karena tugasnya berat, maka layanan administrasi online sangat membantu tugas Kepala Desa," jelasnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update