Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Beri Tanda Eartag pada Pengadaan Sapi, Pemdes Karduluk Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Selasa, 03 Januari 2023 | 17.05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-03T10:05:09Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Karduluk - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep bersama Forum Pimpinan Kecamatan Pragaan hari ini Selasa (03/01/2023) melakukan penandaan Eartag pada kuping sapi yang dibeli dari Bantuan Keuangan Khusus Pemkab Sumenep di desa Karduluk kecamatan Pragaan.

Dana yang digunakan untuk pengadaan sapi tersebut sebesar sepuluh juta rupiah dengan spesifikasi sapi, jenis kelamin betina pembibitan, sapi madura asli bukan persilangan dan tidak cacat, tinggi minimal 114 cm, lingkar dada minimal 130 cm, sehat secara fisik dan reproduksi, dilakukan eartag ber barcode.

Kepala Desa Karduluk Ahmad Faruq mengatakan bahwa pengadaan sapi merupakan Bantuan Keuangan Khusus dari Pemkab Sumenep melalui APBDes Desa Karduluk Tahun Anggaran 2022, yang tujuannya berorientasi pada peningkatan ketahanan dan ketersediaan pangan pedesaan berupa daging dan peningkatan ekonomi warga desa.

"Pemerintah ingin program ini dapat menopang ketahanan pangan nasional dan ketersediaan daging yang cukup, serta berkelanjutan dalam jangka waktu panjang," ujarnya.

Guna mencapai maksud jangka panjang tersebut, dirinya berkomitmen untuk APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) yang akan datang akan menganggarkan kembali pengadaan sapi di desanya lebih banyak lagi dari sumber Dana Desa.

"Ya tahun 2023, kami anggar pengadaan sapi di APBDes untuk membangun ketahanan pangan daging sapi untuk jangka panjang, dan tentu maksud lainnya untuk mempekerjakan orang sehingga meningkat ekonominya serta mengatasi pengangguran." Tuturnya kepada KIM Karya Makmur. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update