Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Gelar MMD, Pemdes Sendang Baca Prioritas Masalah Kesehatan Desa

Kamis, 16 Maret 2023 | 22.30 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-17T03:32:22Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Sendang - Bersama Petugas dari Puskesmas Pragaan, Kepala Desa dan Perangkat Desa Sendang serta unsur tokoh masyarakat desa Sendang siang tadi Kamis (16/03/2023) membahas masalah kesehatan desa melalui Forum MMD (Musyawarah Masyarakat Desa). 

Forum MMD Desa Sendang adalah merupakan forum membedah masalah kesehatan masyarakat yang diinisiasi oleh Puskesmas Pragaan dengan melibatkan peran serta masyarakat guna mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, serta menggali potensi kesehatan yang dimiliki masyarakat untuk memecahkan permasalahan dan menemukan solusinya.

Kegiatan yang ditempatkan di Balai Desa Sendang tersebut membaca banyak masalah bidang kesehatan. Stunting misalnya masih mengemuka, kesehatan ibu dan anak juga perlu mendapat perhatian. Selain itu, forum MMD memandang perlunya meningkatkan kesehatan Lansia agar menjadi lansia tangguh. Ada juga masalah hipertensi, kolesterol serta gula darah, tak dipungkiri kerapkali masih djumpai di masyarakat. 

Berbagai masalah kesehatan masyarakat tersebut perlu ditangani salah satunya dengan kekuatan anggaran seperti dukungan DD untuk stunting, suapan cinta untuk Lansia dan sejumlah terobosan solusi lainnya.

Penjabat Kepala Desa Sendang Masrawi mengatakan bahwa kesehatan itu adalah masalah yang utama yang harus diperhatikan.

"Orang bisa melakukan pekerjaan jika tubuh kita sehat. Orang bisa memikirkan masalah pendidikan, ekonomi, budaya, politik dan lain lain ketika kita sehat. Akal baru berfungsi kalau badan kita sehat, karena itu maka sudah seharusnya ada perhatian dan pemihakan anggaran pada bidang kesehatan" ungkap Masrawi Pj. Kepala Desa Sendang kepada KIM Karya Makmur.

Dengan diadakannya MMD, katanya, setidaknya warga masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di Desa Sendang. Setelah mengenal, lalu kita bersepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan dengan berbagai pendekatan, terutama pendekatan pada instansi terkait serta kesadaran masyarakat.

"Setelah membaca masalah prioritas kesehatan, perlu kita rencanakan kerja solutif di bidang kesehatan, yang berorientasi pada menanggulangi berbagai masalah kesehatan yang ada. Semoga MMD ini dari survei mawas diri menjadi kerja solutif tidak hanya dilakukan oleh Pemdes tapi juga kesadaran dan keterlibatan semua stakeholder yang ada di desa," ungkapnya. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update