Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Habis SKJ, Peserta Ramai Ramai Lakukan Pemeriksaan Posbindu PTM Puskesmas Pragaan

Jumat, 07 Juli 2023 | 09.40 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-07T02:40:54Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Kaduara Timur - Setelah melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), peserta senam yang terdiri dari ASN di lingkungan Kecamatan dan Instansi serta Perangkat Desa se kecamatan Pragaan ramai ramai melakukan Pemeriksaan di Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) Puskesmas Pragaan. 

Tujuan dari pemeriksaan ini untuk melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM). Deteksi dini ini berguna untuk menemukan lebih awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. 

"Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin," ungkap Bapak Na'im Petugas dari Puskesmas yang ikut serta dalam kegiatan Posbindu pagi ini, Jumat (07/07/2023).

Adapun bagi mereka yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Kami melakukan pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pengukuran kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida) dan lain lain," tambahnya.

Lanjutnya, bagi yang kadar gula darahnya tinggi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke HbA1c. 

"Itu pemeriksaan canggih dan mahal, kalau pemeriksaan di lab umum biayanya kisaran mencapai 200 ribu rupiah", kata Pak Naim kepada KIM Karya Makmur. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update