Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Putus Rantai Penularan TB, Nakes dan Forpimka Turun Investigasi Kontak Hari Ini

Senin, 11 September 2023 | 14.55 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-11T07:55:50Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Prenduan - Hari ini Senin (11/09/2023) di Desa Prenduan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Pragaan bersama Forpimka dan Pemerintah Desa memulai melakukan kegiatan Investigasi Kontak (IK) deteksi dini dan sistematis penemuan kasus TBC terhadap orang yang kontak dengan sumber infeksi TBC terutama dari pihak keluarga.

"Kami melakukan pelacakan dari orang-orang yang kontak dengan pasien TBC untuk menemukan terduga TBC dari pintu ke pintu," ujar Bu Ayu petugas dari Puskesmas Pragaan.

Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP. mengatakan bahwa Investigasi Kontak TBC mempunyai dua fungsi yaitu meningkatkan penemuan kasus dan mencegah penularan TBC di masyarakat.

"Kita berusaha untuk menemukan kasus TBC secara dini, menemukan TBC laten pada anak usia dibawah 5 tahun, mencegah penularan pada kontak yang sehat, dan memutus rantai penularan TBC di masyarakat," ungkapnya pada KIM Karya Makmur. 

Investigasi Kontak TBC ini dilakukan terhadap seluruh kontak dari semua pasien TBC yang sudah ada datanya di kecamatan Pragaan. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update