Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Sebanyak 76 Warga di Pragaan Kena TB, Kita Perlu Mengenal Penularannya

Senin, 11 September 2023 | 16.03 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-11T09:03:27Z

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan - Data sampai Juni 2023 sebanyak tujuh puluh enam orang terkena TB di Pragaan, tentu ini menjadi ancaman serius bagi warga Pragaan agar terantisipasi secara dini penyebarannya, dengan cara investigasi kontak bagi keluarganya yang akan dilakukan tim dimulai hari ini Senin (11/09/2023) dengan mendatangi keluarga pasien.

Sekedar berbagi pengetahuan, bahwa penularan penyakit tuberkulosis umumnya terjadi melalui udara, yaitu ketika pengidapnya memercikkan lendir atau dahak saat batuk atau bersin. Saat itulah, bakteri penyebab tuberkulosis ikut keluar melalui lendir tersebut dan terbawa ke udara. 

Kemudian, udara yang membawa bakteri akan masuk ke tubuh orang lain melalui udara yang dihirupnya. Adapun jenis bakteri yang menyebabkan tuberkulosis adalah Mycobacterium tuberculosis. 

Bakteri tersebut umumnya menyerang paru-paru, meski bisa juga menyerang organ tubuh lain, seperti tulang belakang, kelenjar getah bening, kulit, ginjal, dan selaput otak.

Umumnya, penularan penyakit tuberkulosis terjadi dalam ruangan di mana percikan dahak berada dalam waktu yang lama.

Itulah sebabnya, orang-orang yang berisiko tinggi terkena penularan tuberkulosis adalah mereka yang sering bertemu atau berdiam di tempat yang sama dengan pengidap tuberkulosis. Misalnya, keluarga, teman sekantor, atau teman sekelas.

Jika anda merasa pernah kontak dengan penderita TBC, sebaiknya segera menghubungi dokter dan melakukan tes TBC. Yang terpenting, jangan lupa untuk menceritakan sudah berapa lama bertemu dengan penderita dan berapa lama waktu kontak dengan penderita.

Bagi para pengidap tuberkulosis aktif disarankan untuk selalu mengenakan masker, menutup mulut ketika batuk atau bersin, dan tidak meludah sembarangan.

Adapun beberapa gejala tuberkulosis antara lain batuk lebih dari tiga minggu, batuk berdarah, demam, keringat dingin di malam hari, dan berat badan turun drastis.

Jangan biarkan diri dan keluarga kita kena TB, sayangi anak dan keluarga kita dari penyakit menular ini. (Zbr/Hb).
 

×
Berita Terbaru Update