Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Puskesmas dan Forpimka Pragaan lakukan Koordinasi Pertolongan Persalinan di Desa Pakamban Daya

Jumat, 08 Desember 2023 | 07.16 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-08T00:16:55Z
Koordinasi Forpimka di Balai Desa Pakamban Daya. (Foto : KIM Karya Makmur).

KIMKARYAMAKMUR.COM, PRAGAANSalah satu factor yang mempengaruhi kematian ibu dan bayi adalah factor pelayanan yang sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan tenaga kesehatan sebagai penolong pertama pada persalinan.

Guna antisipasi kematian ibu dan bayi saat persalinan, maka Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Pragaan bersama Puskesmas Pragaan melakukan kunjungan koordinasi pembinaan pada Kepala Desa, Perangkat Desa, bidan dan pihak terkait di desa Pakamban Daya Kecamatan Pragaan Kamis (07/12/2023).

Bu Halimah Bidan Koordinator Puskesmas Pragaan dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa koordinasi ini selain niat silaturrahim juga untuk pencegahan dan antisipasi agar persalinan aman. 

"Dukun bayi diharap membantu menyarankan ibu hamil agar melakukan persalinan di Puskesmas untuk antisipasi malpraktek persalinan," ucapnya.

Bu Halimah juga menjelaskan bahwa sekarang Puskesmas dalam pertolongan persalinan sudah gratis.

"Tak ada alasan bagi warga untuk melahirkan ke bidan Puskesmas. Sebab kalau ada kematian ibu satu saja saat persalinan maka dianggap sudah KLB (kejadian luar biasa)," jelasnya.

Bu Halimah juga berkata bahwa koordinasi ini tidak dalam posisi menghilangkan tugas dukun bayi, atau mengurangi nilai kesejahteraan bagi dukun bayi, tapi dukun bayi tetap membantu merawat bayi sebelum dan pasca persalinan.

"Setelah melahirkan dukun bayi boleh memandikan bayi, tapi kalau ada masalah pada bayi maka segera memberitahu kepada pihak kesehatan," sebutnya. (Zbr).
×
Berita Terbaru Update