Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Bangun Keseragaman Langkah Kerja, Pemdes Pakamban Laok Pertajam Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Desa

Rabu, 31 Januari 2024 | 13.50 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-31T06:50:50Z
Sekdes Pakamban Laok Hakam Bin Asy'ari menjelaskan bimbingan teknis tata naskah dinas di lingkungan pemerintah desa. (Foto : KIM Karya Makmur).

KIMKARYAMAKMUR.COM, PRAGAAN - Sebagai upaya membangun keseragaman langkah kerja terutama dalam komunikasi tertulis di lingkungan Pemerintah Desa, Pemdes Pakamban Laok hari ini Rabu (31/01/2024) mengadakan kegiatan ngopi bareng perangkat desa mempertajam pengetahuan tentang Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Pemerintah Desa Pakamban Laok.

"Komunikasi di sebuah pemerintahan itu dibangun secara tertulis, tak bisa hanya lisan saja. Karena itu maka komunikasi tertulis itu ada aturannya yang harus diketahui bersama, terutama bagian Sekretariat Desa, baik penulisan surat surat maupun dokumentasi kearsipan," ucap Penjabat Kepala Desa Pakamban Laok Ach. Subairi Karim membuka pengantar bimbingan teknis.

Tata naskah dinas itu, lanjutnya, dibikin semata untuk kelancaran tugas bidang pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan. Baik komunikasi itu hubungan kebawah, horizontal dengan lembaga kemasyarakatan maupun vertikal ke pemerintahan diatasnya.

Subairi berharap tata naskah dinas dilaksanakan dengan prinsip ketelitian, kejelasan, singkat dan padat serta logis dan meyakinkan.

"Dalam pembuatan surat harus, jelas, teliti, bahasanya singkat padat, serta logis dan memiliki sandaran konsideran," tuturnnya.

Selanjutnya, secara teknis penajaman Tata Naskah Dinas dijelaskan oleh Sekretaris Desa Pakamban Laok Hakam Bin Asy'ari, mengenai pengetahuan tentang kode kearsipan, pembuatan produk peraturan maupun tata naskah dinas berupa surat-surat dan keterangan-keterangan yang biasa dibuat oleh desa.

Tak hanya itu Hakam juga menjelaskan tentang kode klasifikasi surat dilingkungan kementerian dalam negeri dan berbagai hal yang menyangkut kelancaran komunikasi tulisan dan pengarsipan.

"Dengan penajaman ini diharapkan tak ada kekeliruan dalam pembuatan surat-surat maupun produk peraturan." Ucap Hakam mantap. (Zbr).
×
Berita Terbaru Update