Notification

×

Iklan

Iklan

RADIO PRAGAAN STATION

Tag Terpopuler

Dari Nabila, TP PKK Pragaan Belajar Publik Speaking

Senin, 12 Februari 2024 | 20.59 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-12T14:00:12Z
Nabila pemateri publik speaking foto bareng dengan Pengurus TP PKK Pragaan dan desa (Foto : PKK Pragaan)

KIMKARYAMAKMUR.COM, PRAGAAN - Dari anak muda yang cerdas Nabila Maya Faisa lulusan ilmu administrasi publik di Universitas Wiraraja Sumenep, TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kecamatan Pragaan dan Desa pagi tadi Senin (12/02/2024) belajar publik speaking.

Publik speaking diajarkan Nabila dalam kegiatan temu konsolidasi bulanan TP PKK Kecamatan Pragaan di balai desa Rombasan kecamatan Pragaan.

Nabila menjelaskan bahwa publik speaking sangat berguna terutama untuk menjadi MC handal, menjadi moderator, presentasi materi atau makalah maupun sangat berguna dalam dunia kerja. 

"Juga berguna dalam perlombaan, sosialisasi di kegiatan Pokja PKK, maupun saat memimpin rapat dan lain lain," ujarnya.

Nabila juga menjelaskan cara mereduksi nervous (gugup) yang sering dijumpai saat tampil di ruang publik.

Nervous katanya adalah perasaan gugup sebelum tampil. Cara mengatasinya adalah dengan memberi afirmasi positif pada diri sendiri, banyak tersenyum, punya kualitas tidur yang cukup.

"Jangan lupa bawa que card (kartu catatan) dan menulis catatan yang dirasa penting. Juga bisa dengan menyisipkan gimmick untuk mencairkan suasana," sambungnya.

Tak hanya itu, mahasiswi dengan IPK akhir 3.90 di Universitas Wiraraja ini menyarankan juga untuk selalu melakukan pemanasan sebelum tampil. Hal lainnya yang dikatakan juga menggunakan pakaian yang nyaman.

"Bahkan, jika perlu selalu mengevaluasi diri dengan merekam diri sendiri saat tampil," tipnya seraya tersenyum.

Mahasiswi Duta Wiraraja 2018 ini menyarankan untuk datang lebih awal 30-60 menit sebelum acara dimulai agar mengenal situasi dan menyiapkan diri sejak awal. 

"Terakhir, perbanyak jam terbang, sering tampil di berbagai acara, baik kecil maupun acara besar." Ujarnya. (Zbr)
×
Berita Terbaru Update